RSS

Percaya Pada Diri Sendiri

17 Jun

Salah satu gejala yang paling luas dan mewabah diberbagai kalangan, baik kaum muda, kaum tua, orang kaya maupun orang yang hidup sederhana adalah sindrom kurang PD atau minder.

Kita sering mendengar seseorang lebih PD jika ia berada diantara orang-orang yang berada dibawahnya, baik secara ekonomi ,kepintaran maupun secara fisik. PD itu sebenarnya bersifat semu dan sangat sementara, karena begitu ia berada diantara orang-orang yang lebih unggul darinya, maka PDnya akan segera sirna. Dan sebaliknya ketika berada diantara orang-orang yang kurang ia cenderung merasa puas dan takabur. Begitu juga dengan PD yang berasal dari jabatan atau posisi penting disuatu perusahaan, PD ini juga bersifat tempelan yang gampang hilang. Salah satu contohnya dapat kita lihat pada mantan pejabat tinggi yang menderita Post Power Sindrome pada saat ia tidak lagi menjabat.

Jadi, seperti apa sesungguhnya rasa percaya diri sejati yang benar-benar kokoh ?

Ungkapan Larry King, seorang host sebuah acara Talk Show mungkin bisa menjelaskan. Ketika ditanya, “Bagaimana ia tetap PD pada saat menginterview orang-orang top dan para pemimpin dunia?”. Larry King menjelaskan, “Saya merasa, saya dianugerahui oleh Tuhan sebuah bakat yang sangat unik yang tidak seorangpun memilikinya, maka setiap saya berhadapan dengan tokoh-tokoh itu saya selalu berpikir, tokoh-tokoh itu boleh hebat dibidang tertentu, tapi setidaknya dalam hal menjadi host sebuah talk show pasti saya jauh lebih hebat dari mereka.”

Itulah esensi dari rasa Percaya Diri Sejati, karena bukan hanya Larry King, kita semua setiap manusia telah dianugrahi oleh Tuhan sebuah bakat unik. Anda pasti sudah tahukan ? Ada miliaran bahkan triliunan DNA yang pernah hidup dimuka bumi ini, tapi tidak pernah terjadi ada DNA yang kembar. Itulah gambaran keunikan kita. Jadi siapapun anda, kita memiliki satu bakat khusus yang tidak dimiliki oleh orang lain sebuah bakat yang menunggu untuk kita temukan yang jika berhasil kita asah akan membawa kita pada level yang terbaik di dunia ini. Bakat atau kemampuan khusus itulah yang sudah kita temukan maupun belum merupakan pasangan dari misi atau tugas khusus yang kita emban selama hidup di dunia ini.

Kalau fakta-fakta itu belum cukup untuk menguatkan rasa percaya diri anda. Coba perhatikan kenyataan ini, kita bukan hanya dilahirkan ke dunia untuk sukses tapi bahkan jauh sebelum terlahir pun kita telah lebih dulu sukses. Coba bayangkan, berapa kira-kira jumlah sel sprema yang bersaing dan berebut untuk mendekati sel telur? Jawabannya, tidak kurang dari 300 sampai 400 juta sel sperma. Dan berapa dari jumlah sebesar itu yang akhirnya dapat menembus dinding sel telur sehingga menjadi janin? Jawabannya hanya ada satu “The Choose an one” yaitu kita semua. Dengan kata lain, kita adalah juara dalam sebuah kompetisi yang melibatkan 300 sampai 400 juta kontestan. Tuhan telah memilih kita dengan segenap potensi DNA yang ada pada diri kita untuk menyisihkan jutaan sel dengan jutaan potensi lain. Jadi masih sulitkah kita untuk meyakini kehebatan dan keunikan yang ada pada diri kita ini??..

Salam Luar Biasa!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 17, 2011 in Artikel

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: